SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK HIDAYATUT THALIBIN
MATA PELAJARAN : IPA Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) semua jurusan
KELAS/SEMESTER : XI / 3 - 4
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | NILAI-NILAI | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJARA | |||
KARAKTER | KEWIRAUSAHAAN | TM | PS | PI | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 |
2.1 Mengidentifikasi jenis limbah | - Pengertian limbah sebagai buangan hasil akibat aktivitas manusia yang akan mengganggu kesetimbangan alam jika jumlahnya melebihi nilai ambang batas dideskripsikan dengan benar. - Macam-macam limbah diidentifikasi berdasarkan sumber yang ada di lingkungan. - Pengelompokan limbah berdasarkan jenis senyawa dan wujudnya dilakukan dengan benar. - Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata dan dipilah dengan benar. | - Macam-macam limbah berdasarkan sumber yang ada di lingkungan : o Limbah pemukiman o Limbah industri - Jenis-jenis limbah : o Padat o Cair o Gas - Jenis sampah yang dapat didaur ulang: o sampah organik o sampah anorganik | - Jujur - Disiplin - Rasa ingin tahu - Gemar membaca - Tanggung jawab | - Jujur - Disiplin - Tanggung Jawab - Kerjasama - Realitas - Rasa ingin tahu | - Diskusi dan informasi tentang pengertian limbah di lingkungan - Mengelompokkan limbah organik dan anorganik berdasarkan jenis senyawanya, wujud, dan sumbernya. - Mendata dan memilah jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang. - Diskusi tentang hasil kegiatan. | - Tes tertulis - Penilaian proses - Tugas | 2 | | | - Lingkungan sekolah - Buku pelajaran - LKS - Internet |
2.2 Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah | - Pemilihan metode penanganan limbah sesuai dengan sifat dan wujud limbahnya - Pembuatan kompos dari limbah padat industri berbahan baku / pasar/ rumah tangga dilakukan dengan baik. - Pembuatan model penanganan limbah berdasarkan hasil studi di lingkungan kerja dilakukan dengan baik. | - Cara-cara penanganan limbah : o Pengolahan limbah cair o Pengolahan limbah padat o Pengolahan limbah gas - Proses pembuatan kompos dari sampah organik. - Pembuatan model pengolahan limbah. | - Jujur - Disiplin - Rasa ingin tahu - Gemar membaca - Tanggung jawab | - Jujur - Disiplin - Tanggung Jawab - Kerjasama - Realitas - Rasa ingin tahu | - Membuat karya ilmiah tentang cara penanganan limbah melalui pengkajian literatur dan kunjungan ke industri yang memiliki instalasi pengolahan limbah. - Melakukan studi literatur untuk mencari cara membuat kompos dan kertas daur ulang. - Praktik membuat kompos dari limbah alami. - Membuat model penanganan limbah berdasarkan hasil studi di industri. - Diskusi dan informasi tentang penanganan limbah, pembuatan kompos, pembuatan kertas dari proses daur ulang, dan model penanganan limbah | - Tes tertulis - Penilaian proses - Laporan Hasil Observasi/ pengamatan | 2 | 4 (8) 4 (8) 4 (8) 3 (6) 5 (10) | 8 (32) | - Lingkungan Kerja - Lingkungan sekolah |
2.3 Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja | - Jenis-jenis polusi dan polutan diidentifikasi berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja. - Macam-macam polusi diidentifikasi berdasarkan sumber yang ada di lingkungan. - Jenis polutan di lingkungan kerja yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata dengan benar. | - Jenis-jenis polusi : o udara o air o tanah - Sumber – sumber polusi: o Proses alam o Aktivitas manusia | - Jujur - Disiplin - Rasa ingin tahu - Gemar membaca - Tanggung jawab | - Jujur - Disiplin - Tanggung Jawab - Kerjasama - Realitas - Rasa ingin tahu | - Membuat karya ilmiah tentang jenis polusi, jenis polutan di lingkungan kerja/sekolah berdasarkan hasil pengamatan lingkungan kerja/sekolah. - Diskusi dan informasi tentang jenis-jenis dan sumber polutan yang terdapat di udara, air, dan tanah pada lingkungan kerja/sekolah. | - Tugas - Tes tertulis - Data hasil observasi / produk | 2 2 | 4 (8) 2 (4) | 6 (24) | - Lingkungan sekolah - Buku pelajaran - LKS - Internet |
2.4 Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan | - Pengaruh dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia dideskripsikan dengan benar. - Dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada di lingkungan. | - Dampak Polusi (udara, air, tanah)Terhadap Kesehatan Manusia dan Lingkungan. - Usaha-usaha penanggulang an pencemaran (polusi) terhadap : o udara o air o tanah | - Jujur - Disiplin - Rasa ingin tahu - Gemar membaca - Tanggung jawab | - Jujur - Disiplin - Tanggung Jawab - Kerjasama - Realitas - Rasa ingin tahu | - Membuat karya ilmiah tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan melalui pengkajian literatur. - Diskusi dan informasi tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. | - Tugas - Penilaian proses - Data hasil observasi / produk | 2 2 | 6 (12) | 6 (24) | - Buku atau Media Lain yang Relevan - Lingkungan Kerja / sekolah |
Keterangan:
TM : Tatapmuka
PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)
Disetujui oleh : Kepala SMK HIDATHA Jakarta | Diverifikasi oleh : Wakasek Bidang Kurikulum | Dibuat oleh : Guru Mata Pelajaran |
H. ABDUL HALIM, S.E | Drs. CHAERUDIN ALI | H. AGUNG TRI ADJI, S.SI, MM.Pd |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar