Senin, 26 September 2011

SILABUS IPA K-11


SILABUS

NAMA SEKOLAH                 : SMK HIDAYATUT THALIBIN
MATA PELAJARAN              : IPA Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) semua jurusan
KELAS/SEMESTER            : XI / 3 - 4
STANDAR KOMPETENSI  : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungannya
KODE KOMPETENSI          : 2 
ALOKASI WAKTU                : 64 x 45 Menit (32 pertemuan per tahun)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
NILAI-NILAI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJARA
KARAKTER
KEWIRAUSAHAAN
TM
PS
PI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
2.1   Mengidentifikasi jenis limbah

-   Pengertian limbah sebagai buangan hasil akibat aktivitas manusia yang akan mengganggu kesetimbangan alam jika jumlahnya melebihi nilai ambang batas dideskripsikan dengan benar. 
-   Macam-macam limbah diidentifikasi berdasarkan sumber yang ada di lingkungan.
-   Pengelompokan limbah berdasarkan jenis senyawa dan wujudnya dilakukan dengan benar.
-   Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata dan dipilah dengan benar.
- Macam-macam limbah berdasarkan sumber yang ada di lingkungan :
o Limbah pemukiman
o Limbah industri

- Jenis-jenis limbah :
o Padat
o Cair
o Gas

- Jenis sampah yang dapat didaur ulang:
o sampah organik
o sampah anorganik

-  Jujur
-  Disiplin
-  Rasa ingin tahu
- Gemar membaca
- Tanggung jawab
- Jujur
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Kerjasama
- Realitas
- Rasa ingin tahu
-   Diskusi dan informasi tentang pengertian limbah di lingkungan
-   Mengelompokkan limbah organik dan anorganik  berdasarkan jenis senyawanya, wujud,  dan sumbernya.
-   Mendata dan memilah jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang.
-   Diskusi tentang hasil kegiatan.

-   Tes tertulis
-   Penilaian proses
-   Tugas

2


-   Lingkungan sekolah
-   Buku pelajaran
-   LKS
-   Internet

2.2   Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah

-   Pemilihan metode penanganan limbah sesuai dengan sifat dan wujud limbahnya
-   Pembuatan kompos dari limbah padat industri berbahan baku    / pasar/ rumah tangga  dilakukan dengan baik.
-   Pembuatan model penanganan limbah berdasarkan hasil studi di lingkungan kerja dilakukan dengan baik.

- Cara-cara penanganan limbah :
o  Pengolahan limbah cair
o  Pengolahan limbah padat
o  Pengolahan limbah gas

- Proses pembuatan kompos dari sampah organik.

- Pembuatan model pengolahan limbah.

-  Jujur
-  Disiplin
-  Rasa ingin tahu
- Gemar membaca
- Tanggung jawab
- Jujur
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Kerjasama
- Realitas
- Rasa ingin tahu
-   Membuat karya ilmiah tentang cara penanganan limbah melalui pengkajian literatur dan kunjungan ke industri yang memiliki instalasi pengolahan limbah.
-   Melakukan studi literatur untuk mencari cara membuat kompos dan kertas daur ulang.
-   Praktik membuat kompos dari limbah alami.
-   Membuat model penanganan limbah berdasarkan hasil studi di industri.
-   Diskusi dan informasi tentang penanganan limbah, pembuatan kompos, pembuatan kertas dari proses daur ulang, dan model penanganan  limbah

-   Tes tertulis

-   Penilaian proses

-   Laporan Hasil Observasi/ pengamatan


2

4
(8)




4
(8)


4
(8)

3
(6)

5
(10)


8
(32)






-  Lingkungan Kerja

-  Lingkungan sekolah

2.3   Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja
-   Jenis-jenis polusi dan polutan diidentifikasi berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja.
-   Macam-macam polusi diidentifikasi berdasarkan sumber yang ada di lingkungan.
-   Jenis polutan di lingkungan kerja yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata dengan benar.
- Jenis-jenis polusi :
o  udara
o  air
o  tanah

- Sumber – sumber polusi:
o Proses alam
o Aktivitas manusia

-  Jujur
-  Disiplin
-  Rasa ingin tahu
- Gemar membaca
- Tanggung jawab
- Jujur
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Kerjasama
- Realitas
- Rasa ingin tahu
-   Membuat karya ilmiah tentang jenis polusi, jenis polutan di lingkungan kerja/sekolah berdasarkan hasil pengamatan lingkungan kerja/sekolah.
-   Diskusi dan informasi tentang jenis-jenis dan sumber polutan yang terdapat di udara, air, dan tanah pada lingkungan kerja/sekolah.


-   Tugas

-   Tes tertulis

-   Data hasil observasi / produk

2




2

4
(8)



2
(4)


6
(24)

-   Lingkungan sekolah
-   Buku pelajaran
-   LKS
-   Internet

2.4   Mendeskripsikan dampak polusi  terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
-   Pengaruh dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia dideskripsikan dengan benar.
-   Dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada di lingkungan.
- Dampak Polusi (udara, air, tanah)Terhadap Kesehatan Manusia dan Lingkungan.

- Usaha-usaha penanggulang
  an pencemaran (polusi) terhadap :
o  udara
o  air
o  tanah

-  Jujur
-  Disiplin
-  Rasa ingin tahu
- Gemar membaca
- Tanggung jawab
- Jujur
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Kerjasama
- Realitas
- Rasa ingin tahu
-   Membuat karya ilmiah tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan melalui pengkajian literatur.
-   Diskusi dan informasi tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

-   Tugas

-   Penilaian proses

-   Data hasil observasi / produk

2




2

6
(12)







6
(24)

-   Buku atau Media Lain yang Relevan
-   Lingkungan Kerja / sekolah
Keterangan:
TM        : Tatapmuka
PS        : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI         : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)

Disetujui oleh :
Kepala SMK HIDATHA Jakarta
Diverifikasi oleh :
Wakasek Bidang Kurikulum
Dibuat oleh :
Guru Mata Pelajaran
H. ABDUL HALIM, S.E
Drs. CHAERUDIN ALI
H. AGUNG TRI ADJI, S.SI, MM.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar