Senin, 26 September 2011

SILABUS IPA K-12


SILABUS

NAMA SEKOLAH                  : SMK HIDAYATUT THALIBIN
MATA PELAJARAN               : IPA Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) semua jurusan
KELAS/SEMESTER            : XII / 5 - 6
STANDAR KOMPETENSI  : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga                keseimbangan          lingkungan dan Amdal
KODE KOMPETENSI          : 3
ALOKASI WAKTU                : 64 x 45 Menit (32 pertemuan per tahun)

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
NILAI-NILAI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJARA
KARAKTER
KEWIRAUSAHAAN
TM
PS
PI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
3.1       Mengidentifikasi komponen ekosistem
-   Komponen-komponen ekosistem diidentifikasi berdasarkan lingkungan sekitar

-   Komponen biotik dan abiotik diidentifikasi berdasarkan fungsinya.

-   Jaring-jaring makanan dalam ekosistem diidentifikasi berdasarkan rantai makanan

-   Mengatasi masalah lingkungan dengan menggunakan konsep rantai makanan

-   Interaksi antar komponen biotik dalam bentuk mutualisme, komensalisme, dan parasitisme diidentifikasi melalui kegiatan penelitian di lapangan.

-   Peran komponen biotik dan abiotik dijelaskan berdasarkan data hasil praktikum.
-   Komponen-Komponen Ekosistem

-   Interaksi komponen-komponen ekosistem

-   Jaring-Jaring Makanan dan Rantai-rantai makanan

-   Bentuk interaksi antar komponen biotik

-   Peran komponen biotik dan abiotik dalam kehidupan
-  Jujur
-  Disiplin
-  Rasa ingin tahu
- Gemar membaca
- Tanggung jawab
- Jujur
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Kerjasama
- Realitas
- Rasa ingin tahu
-   Mengamati lingkungan sekolah secara berkelompok.
-   Mencatat makhluk hidup dan tak hidup yang ada di lingkungan sekolah.
-   Mengelompokkan makhluk hidup dan tak hidup dari hasil pengamatan.
-   Diskusi dan tanya jawab tentang pengertian lingkungan dan komponen penyusunnya.
-   Menunjukkan komponen lingkungan biotik dan abiotik dari  hasil pengamatan kelompok.
-   Mendefinisikan pengertian komponen biotik dan abiotik serta menyebutkan  contohnya.
-   Melakukan kajian pustaka untuk membedakan istilah-istilah habitat, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer.
-   Mengidentifikasi hubungan proses makan dan dimakan dalam rantai makanan dan jaring-jaring makanan dengan menggunakan gambar.
-   Disajikan suatu kasus misalnya mewabahnya hama tikus. Menganalisis bagaimana pemecahan masalah  tersebut dengan menggunakan konsep rantai makanan.
-   Diskusi dan tanya jawab tentang fungsi, dan interaksi antar komponen biotik.
-   Membandingkan Interaksi antar komponen biotik dalam bentuk mutualisme, komensalisme, dan parasitisme dengan kegiatan penelitian di lapangan, atau berdasarkan studi literatur.
-   Melakukan praktikum tentang peran komponen biotik dan abiotik dalam kehidupan, misalkan praktikum pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan biji kacang merah.
-   Mengaplikasikan pemahaman tentang fungsi komponen biotik dan abiotik dalam kehidupan dengan cara membersihkan lingkungan dan menanam pohon-pohonan di sekolah.

-   Observasi/ pengamatan
-   Laporan praktikum
-   Test sikap terhadap pengelolaan lingkungan
16
4
(8)


-   Lingkungan sekoiah
-   Buku pelajaran
-   LKS
-   Internet
-   Alat dan bahan praktik

3.2       Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan

-   Kondisi lingkungan hidup dijelaskan pada  tingkat lokal, regional, nasional dan global

-   Saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik dijelaskan berdasarkan hasil percobaan

-   Bahaya over eksploitasi ekosistem dijelaskan berdasarkan dampaknya.
-   Saling Ketergantungan antara :
oKomponen biotik dengan abiotik
oKomponen biotik dengan biotik

-   Dampak over eksploitasi ekosistem
-  Jujur
-  Disiplin
-  Rasa ingin tahu
- Gemar membaca
- Tanggung jawab
- Jujur
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Kerjasama
- Realitas
- Rasa ingin tahu
-   Mendiskusikan tentang permasalahan lingkungan yang terdapat dalam skala lokal, regional, nasional dan global
-   Menunjukkan komponen biotik yang ada di lingkungan sekolah.
-   Melakukan kegiatan penelitian tentang Saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik
-   Diskusi kelompok tentang hasil kegiatan penelitian.
-   Presentasi hasil diskusi kelompok.
-   Mendiskusikan  dampak  over eksploitasi ekosistem terhadap kualitas lingkungan dan kualitas hidup masyarakat sekitar.
-   Tanya jawab hal-hal yang belum dipahami siswa.

-   Data Hasil Observasi/ pengamatan

-   Laporan praktikum

-   Tes tertulis

7



 5
(10)


-   Lingkungan sekoiah
-   Buku pelajaran
-   LKS
-   Internet
-   Alat dan bahan praktik

3.3       Mendeskripsikan AMDAL
-   Pengertian AMDAL dideskripsikan berdasarkan lingkup suatu kegiatan
-   Kebijaksanaan Lingkungan di Indonesia dijelaskan dalam hubungannya dengan kegiatan pembangunan
-   Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya dijelaskan secara tepat
-   Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak dijelaskan dengan tepat
-   Prosedur pelaksanaan pengambilan data AMDAL dilakukan dengan benar
-   Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan AMDAL 
diidentifikasi berdasarkan praktik di lapangan.
-   Upaya pengelolaan lingkungan melalui AMDAL
-   Kebijakan Lingkungan di Indonesia
-   Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya
-   Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak
-  Jujur
-  Disiplin
-  Rasa ingin tahu
- Gemar membaca
- Tanggung jawab
- Jujur
- Disiplin
- Tanggung Jawab
- Kerjasama
- Realitas
- Rasa ingin tahu
-   Mendiskusikan kualitas lingkungan di berbagai daerah ditinjau dari kenyamanan hidup masyarakat sekitar.
-   Membahas informasi kebijakan dan regulasi pengelolaan lingkungan di Indonesia.
-   Mendiskusikan tujuan, prosedur, dan rekomendasi yang ingin dicapai dengan adanya AMDAL sebelum melakukan pembangunan.
-   Melaksanaan praktik simulasi analisis mengenai dampak lingkungan pada suatu areal dengan karakteristik tertentu.
-   Mengobservasi langsung daerah yang telah dan sedang dibangun dan mempelajari hasil AMDALnya.
-   Mendiskusikan petingnya AMDAL dilaukan secara obyektif, profesional, dan cermat agar memperoleh rekomendasi yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

·   Data hasil observasi/ pengamatan
·   Laporan praktikum


4

 2
(4)

 4
(16)

-   Lingkungan sekolah
-   Buku pelajaran
-   LKS
-   Internet
-   Alat dan bahan praktik

Keterangan:
TM        : Tatapmuka
PS        : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI         : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)


Disetujui oleh :
Kepala SMK HIDATHA Jakarta
Diverifikasi oleh :
Wakasek Bidang Kurikulum
Dibuat oleh :
Guru Mata Pelajaran
H. ABDUL HALIM, S.E
Drs. CHAERUDIN ALI
H. AGUNG TRI ADJI, S.SI, MM.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar